2021-03-28

"Tingkatkan Produksi Telur Itik Hibirida Master

BPTP BENGKULU
...

SobaTani masih ingat dengan Itik Hibrida Master yang ada di BPTP Bengkulu? 

Itik Hibrida Master Mojosari Alabio (MA) merupakan hasil persilangan Itik Mojosari Jantan dengan Alabio betina yang terseleksi dari Balai Penelitian Ternak Ciawi-Bogor Badan Litbang Pertanian. Keunggulannya selain lebih cepat bertelur dibandingkan dengan itik biasa, juga mampu memproduksi telur dengan jumlah yang tinggi yakni sebanyak 240-260 butir/ekor/tahun. 

Nah, bagaimana kiat-kiat untuk meningkatkan jumlah produksi telur? Peneliti BPTP Bengkulu (Erpan Ramon, S.Pt, M.Ling) memaparkan semuanya dalam Bimtek Padat Karya dalam rangka Percepatan Diseminasi Inovasi Teknologi Budidaya Ternak Unggas yang digelar di BPTP Bengkulu beberapa waktu lalu(16/03/2021). 

Pemberian pakan menjadi faktor untuk meningkatkan produksi telur itik hibrida master MA. Pakan harus bermutu baik, berenergi tinggi, mengandung protein tinggi dan mengandung vitamin.  Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai pakan itik, antara lain dedak padi, jagung, tepung ikan, bekicot, bungkil kedelai, belatung, keong air (tutut), kepala udang, ikan rucah dan hasil penetasan, genjer, eceng gondok, rumput muda dan tepung daun semua pakan dapat diracik hingga kandungan protein 18%. 

Selain pakan, pengelolaan kandang juga harus diperhatikan. Kandang harus memiliki suhu 29⁰C dengan kelembaban antara 60-65% dan mendapat penerangan yang cukup. 

#bimtekpadatkarya
#budidayaitik

Sub Sektor : itik
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan :