2021-04-04

Apa itu Agensia Hayati

BPTP BENGKULU
...

SobaTani...  sudah tau apa itu agensia hayati?
Agensia hayati adalah setiap organisme berupa jamur, bakteri, virus, nematoda, serangga dan hewan lainnya yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman. Agensia hayati ini sendiri sudah tersedia di alam, namun keberadaanya tidak seimbang sehingga perlu penambahan populasinya di lapangan. 

Melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya yang dipandu oleh Penyuluh senior (Ir. Sri Suryani M.Rambe, M.Agr) dan Peneliti (Kusmea Dinata, SP) BPTP Bengkulu ini, sebanyak 53 orang peserta Bimtek dari Poktan di sekitar Kota Bengkulu mendapatkan bekal Inovasi Teknologi pembuatan agensia pengendali hayati hama dan penyakit Tanaman. Bimtek digelar di kantor BPTP Bengkulu beberapa waktu lalu (30/3/2021). 

Selain pemaparan juga dilakukan praktek perbanyakan agensia hayati jamur trichoderma. Perbanyakan agensia hayati jenis Jamur (trichoderma) dengan mengukus setengah matang beras/jagung giling, selanjutnya ditiriskan dan dimasukkan ke dalam plastik sebanyak 2 sendok makan, kukus kembali ke dalam dandang selama 15-20 menit, lalu didinginkan dan diinkubasi selama 1 minggu. Aplikasi ke tanaman dapat dilakukan dengan cara dsemprotkan atau dicor dengan dosis 1-2 gr per liter air. 

Dengan terselenggaranya bimtek ini, BPTP Bengkulu telah merealisasikan kegiatan Bimtek dengan total 475 orang peserta. 

Semoga bermanfaat. 

#bimtekpadatkarya
#agensiahayati

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :